Tuesday, May 1, 2012 at 2:18 PM |
Dunia sekarang ini sudah sangat berkembang. Manusia berusaha untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan mencoba meningkatkan kesejahteraan hidup. Mereka berfikir dengan meningkatnya kesejahteraan hidup, maka mereka akan berbahagia dalam hidupnya. Mereka mencoba dengan berpindah dari tempat asal mereka ke tempat lain demi suatu pekerjaan atau lingkungan tempat tinggal yang menurut mereka jauh memberikan kebahagiaan daripada tempat mereka sekarang. Bukan hanya dari desa ke kota namun juga ada yang sampai berpindah negara. Masalah keamanan juga menjadi suatu hal penting saat-saat ini. Tempat dimana mereka tinggal diharapkan merupakan tempat yang ramai seperti pusat kota dan juga memberikan keamanan buat mereka. Tidak jarang banyak yang berpindah tempat dengan cepatnya dengan harapan mendapat kehidupan yang lebih baik, padahal belum tentu hal tersebut seperti apa yang dibayangkan.

Baru-baru ini diadakan survey untuk menentukan negara-negara yang paling bahagia di dunia. Didapati bahwa Negara-negara yang paling bahagia adalah negara-negara di bagian Eropa Utara. Rata-rata hidup mereka adalah 7.6 dari skala 10.

Belanda menempati posisi ke 4 dari survey tersebut. Urutan lengkap mengenai negara-negara paling bahagia tersebut adalah
1. Denmark
2. Finlandia
3. Norwegia
4. Belanda
5. Kanada
6. Swiss
7. Swedia
8. Selandia Baru
9. Australia
10. Irlandia

Dari survey tersebut, bukan hanya kekayaan yang membuat orang bahagia namun kebebasan politik, jaringan sosial yang kuat dan tidak adanya korupsi bersama lebih penting daripada pendapatan dalam menjelaskan perbedaan kesejahteraan antara negara-negara atas dan bawah. Di tingkat individu, kesehatan mental dan fisik yang baik, seseorang mengandalkan, keamanan kerja dan keluarga yang stabil sangat penting.

Walaupun Belanda merupakan negara yang kecil dan merupakan negara yang berada di atas permukaan laut, dimana daerahnya didapat dengan cara melakukan penimbunan pada permukaan laut sehingga menjadi daratan, namun memiliki kehidupan perekonomian yang cukup maju. Belanda memanfaatkan sektor ekonomi terutama pada sisi perdagangan Internasional. Sejak zaman dahulu, sektor ini merupakan bagian andalan Belanda.

Selain itu juga, Belanda memanfaatkan sektor pertanian untuk mendukung perekonomiannya. Walaupun pertanian hanya membuka lahan pekerjaan sebanyak 4%, namun mampu membuat Belanda menjadi negara peng-ekspor makanan. Hal tersebut merupakan daya tarik tersendiri untuk tinggal di Belanda.

Dengan perekonomian yang cukup maju, membuat Belanda menjadi negara yang stabil. Mampu membuat pergerakan baru dalam dunia perekonomian seperti menjadi salah satu negara perintis mata uang baru di Eropa, yaitu Euro. Jika ekonomi kuat, maka keamanan dan jaringan sosial dapat mengikuti kondisi ini. Hal tersebutlah yang makin mendukung Belanda sebagai negara yang dinilai bahagia di dunia.

Semua orang ingin bahagia. Semua orang bahkan berhak untuk bahagia karena itu merupakan salah satu Hak asasi manusia. Namun janganlah menggunakan segala cara itu mendapatkannya dengan merugikan orang lain. Sesungguhnya membuat orang lain bahagia itu juga dapat menimbulkan kebahagian tersendiri yang tidak dapat dinilai.


Sumber:
http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/kompetiblog-2012/resources/kualitas-hidup
http://www.earth.columbia.edu/articles/view/2960
http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
Posted by fronita Labels:
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates