Thursday, September 8, 2016 at 7:05 AM |
Beberapa waktu yang lalu g baca soal penipuan di berbagai mini market. Katanya ada modus dari kasirnya untuk meraih keuntungan pribadi dengan menambahkan jumlah yang harus dibayarkan oleh setiap pembeli. Caranya banyak, mulai dari display harga yang berbeda dengan harga yang tertera di struk pada saat pembayaran sampai penambahan item tertentu yang ngga dibeli sama si pembeli. Korbannya sebagian besar adalah para lelaki yang memang cenderung tidak teliti terhadap apa yang dibeli.

Nah Belum lama ini g ngapain sendiri. Jadi itu keliatan bgd deh. Yang g beli cuma 2 item, salah satunya jumlahnya 2 jadi 3 deh itungannya tapi cuma 2 jenis. Trus tiba2 pas g liat struknya qo ada 3 baris, pas g baca itu adalah sumbangan untuk perlindungan anak, jumlahnya 250 rupiah. Bukan, sama sekali bukan masalah jumlahnya tapi ya kan itu namanya mencuri donk, dia ga blg loh sama g kalau ada sumbangan itu. Kalau di minimarket sebelahnya emang suka ada permintaan donasi tapi biasanya dia nanya dlu, Dan itu hanya kalau ada siapa kembaliin yang ngga genap, misal kembalian lo tuh 2100 rupiah, nah biasanya dia nanya 100 nya boleh disumbangin?kalau kita blg ngga, dia bakal balikin, kalau qta blg iya, ya bakal masuk ke struk. Nah klo ini ga pake blg, tau2 disuruh bayar aja, ya g komplain. Balesan dia adalah itu udh otomatis dari sistem, heh?gimana bisa, lah itu cuma 250 rupiah, kalau 2500 atau 25000 tetap blg bgtu, aneh bgd dah. Udh gtu kembalian g harusnya 39.050 trus yang dikasih cuma 39.000 jadi dia udh mencuri uang g 300 rupiah. Sekali lagi bukan Karena jumlahnya tapi Karena kelakuannya. Bayangin kalau itu terjadi pada 100 org atau bahkan 1000 orang. Asli beneran bikin kesel. Trus dia bilang gini jd mba maunya apa, ya g blg maunya dikembaliin sesuai dengan yang seharusnya. Trus dia kasih g 500 dia blg kurang 500 ya. Lah neh kasirnya ga bs ngitung apa ya, Dan dengan gampangnya dia kasih uang dari Laci kasirnya Dan kasih g dengan ketus. G jd beneran curiga berarti yang dia laporin ke atasan nya tuh laporan yg mana sih. Karena pengalaman g sama Toko kecil aja, dia ga berani Buka Laci kalau emang ga seijin tuannya lah ini gampang bgd ambil Dan keluarin. Jadi kalau ada tuKang bakso lewat trus dia mau tinggal Buka Laci Dan beli donk.


Tapi g mau fair ya, ga semua minimarket begitu. Karena setau g bisnisnya kan emang frenchaise jadi tergantung dari pemiliknya untuk harganya ya kan. Nah g pernah ngalamin juga qo pelayanan minimarket yang oke dimana kalau ada promo, dia nawarin saat mau bayar, dia care sama promo yang lagi ada dan yang kemungkinan ngga sengaja g dapet karena beli produk tertentu. Pernah juga ada yang sampe bawain kerangjang belanjaan karena ngeliat g report bawa barang tanpa keranjang karena emang niatnya ga mau belanja banyak eh jadi banyak juga hehe.

Jadi ya menurut g sih kerja itu kan ibadah ya, jadi ya jujur aja gitu ngga usah pake penipuan. G sih Cuma share aja disini, kalau kalian niat di youtube tuh udah banyak yang bikin video tentang ini. Semoga jadi bahan koreksi ya buat minimarket itu semua dan kalau dikomplain ya jangan marah dan ketus karena kan emang kalian yang salah. Oia g pernah juga dapet salah harga di supermarket, bukan minimarket. Awalnya sih dia ngga mau ngaku tapi kan emang g bener terus akhirnya diproses dan uang g dikembaliin sama dia. Ya emang ujungnya sih kalau kita perkarakan mereka pasti kembaliin tapi ada berapa banyak orang yang peduli? Banyakan yang ngga kali karena ngerasa jumlahnya sedikit, padahal kan yang mau ditekankan bukan jumlahnya tapi sikap dan kejujurannya.

Yuk, sama-sama mulai peduli saat belanja, jangan sampe kita ketipu dan jangan sampe kita juga ngebiarin kesalahan dan ketidakjujuran terus berlangsung.
Posted by fronita Labels:
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates