Wednesday, September 14, 2016 at 6:59 PM |
g ngerasa ngedapetin PMP tuh susah bgd. Makanya ketika dapet, rasanya gimana gtu. disini g mau berbagi tips yang mungkin berguna buat yg mau Ujian. Tipsnya ga umum bgd kya yg kalian temuin dimana2 tapi beneran pengalaman pribadi yak hehe. Semoga berguna, Amin.

Waktu g berniat untuk ujian dlu, g ga punya duit. g cuma login ke website PMI, daftar jd member trus coba isi data Dan daftar buat ujian. Ternyata ujian ini adalah ujian yang berbeda dengan lainnya. Kalau di kebanyakan ujian, qta cuma daftar Dan trus bisa ujian. Kalau ini ngga, lo tuh dinilai dlu sama lembaga yang mengadakan ujiannya, namanya PMI (Project management institute) nah kalau menurut dia udh layak, baru deh lo bisa daftar ujian. Ribet yaakk. Udh qta suruh bayar, ga murah lagi trus masih diuji dlu haha

Kalau untuk persyaratannya, kalian bisa baca dimana2lah termasuk biayanya juga. Kalau mnrt g sih Mahal, pembayaran pertama ditambahin dengan biaya membership sekitar mampir 9 juta. Itu harga bulan maret 2016 yak kan tergantung dollarnya brp harganya. Oia g saranin jd member aja. Sama kya semua tempat training yg kalian temuinlah, pasti saranin jd member krn emang ya lumayan sih manfaatnya. Yg paling awal adalah bisa dpt buku pmbok terbaru dimana dibawahnya ada licensi atas nama kalian, kan keren gtu, ga bisa beli dimana2 tuh hahaha. Sisanya sih soal diskon kalau emang ujian pertama nya ga lulus kya g hiks.

Waktu ngisi soal proyek yang udh kalian kerjakan, inget ya ga bisa parallel, mesti serial. Isinya ga usah kebanyakan juga, yang penting bisa memenuhi quota selama 3 tahun Secara serial. kalau dulunya bukan pm, jangan khawatir, proyek selama jd engineer boleh qo dimasukin. Trus pic yg bisa dihubunginya, usahakan yg nomor nya masih aktif. Syukur2 ga sampe ditelp tuh org tapi ya jaga2 aja. Kalau bisa blg dlu malah sama org nya biar dia ga kaget klo misal nya ditelp. Dlu g juga ga blg sih tp g yakin org nya akan jawab bener haha pede ya g.


Oia kalau plan ujian kalian masih lama, aplikasinya jangan disubmit dlu ya. Dlu g pikir submit aja trus ujian bisa kapan aja pas g udh punya duit tapi ternyata g salah. Pas g submit Dan g lulus pengecekkan, ternyata sejak hr itu waktu g buat ujian udh berjalan. Padahal g blm bayar loh. Ternyata bayar itu cuma biar bisa ikut ujian krn akan dpt eligibility code. Kalau blm bayar, lo ga akan dpt. Code itu dipake buat daftar ujiannya. Jadi punya g tuh ya udh di approve dr oktober 2015 trus g bru bayar maret 2016 hahaha. Tapi batas terakhir ujian g ya tetep di oktober 2016. Batas ujian maksimal 3x dalam rentang 1 tahun. Kalau gagal semua, kalian harus ulangi proses daftar Dan isi2 dari awal Dan bayar lagi deh hehe

oke itu bagian daftar Dan isi form. Coba aja dlu. Isinya ga cukup sehari loh Karena mesti deretin proyek trus mesti isi testimoni soal proyek nya kya kesusahan apa Dan apa yg kalian dapet, pelajarin Dan lakukan sama proyek itu.
Oia pendaftaran bisa bebas namanya tapi jgn ngasal ya krn ini adalah web yg aneh mnrt g Karena profile nya ngga bisa diganti namanya. Biasanya kan yg namanya profile bisa Ganti sesuai kita tapi yg ini ga bisa. Mesti kirim email ke support nya hanya untuk Ganti nama. Hal ini juga yg jadi masalah g di pendaftaran ujian yg kedua.

Jadi saat lo mau daftar ujian tuh, lo akan diminta konfirmasi beberapa hal kya ujian sendiri apa group trus ada tempat ujian di Kota lo apa ga Karena ga semua ada loh, untungnya di jakarta ada hehe. Tempatnya di prometric di kantor IIEF (Indonesian International Education Foundation) di Menara Imperium Lantai 28 Suite B. Nah ada juga minta konfirmasi nama sesuai ID yang nanti dibawa. yang ini tolong diperhatiin ya Karena kita org Indonesia kan jarang punya nama belakang, kya g neh. Namanya cuma 1 kata aja. Pas daftar Karena dia minta nama keluarga, g tulis aja nama bokap kan g pikir buat daftar profile doang eh ternyata nama itu dia bawa waktu konfirmasi nama sesuai ga sama ID. Default nya mereka ambil nama yang sesuai profile. Perhatiin klo itu ga sesuai langsung ubah, pake nama double aja. Kya g jadi fronita fronita, gpp. Daripada namanya beda sama yg id, lo ga akan boleh ujian. Dlu sih boleh tapi sejak Mei 2016 peraturan diubah Dan jadi ga boleh. Waktu mencoba ujian yg kedua, g kena hiks. Aneh nya yg pertama g aman2 aja. Ya udhlah udh jalannya bgtu kali.
Oke begitu deh cerita soal daftar PMP. Next nya mau cerita soal ujiannya ya.
Posted by fronita Labels: ,
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates