Hotel tempat g nginep tuh namanya grand orion. Hmmm entah g yang salah liat apa emang dia salah naro deskripsi, g sih liatnya ada kolam renang eh nyatanya ngga ada. Hotelnya bintang 3. Sebenernya lumayan sih kondisinya tapi letak kamarnya aneh, masa ada kamar yang tepat di depan lift, jadi kalau gorden jendelanya dibuka ya semua yang keluar masuk lift bisa liat deh. Harga hotel di Belitung bervariasi, kalau kalian mau yang pemandangannya bagus ya yang beneran deket sama pantai tapi harganya ya lumayan. Tempat g neh sekitar 800rban. Makanya nyesel kan ngga ada kolam renangnya. Padahal g udah bawa loh huh..

Makanannya standar dan dikit bgd pas buat sarapan. Adanya nasi sama roti doang, ngga ada menu lain yang berat. Ya ada sih jus sama air putih dan kopi haha tapi kan itu mah emang wajib kali. Agak kecewalah sama hotel ini. Tempat parkirnya sih lumayan gede, ada atm juga didepan hotelnya.


Berikutnya makanan. Kata orang makanan khas belitung tuh yang wajib dimakan adalah gangan ikan.
Susah nyarinya, ini dapet di rumah makan waktu ngarah ke Mangar. Rasanya lumayan enak, khas gitu sih rasanya tapi agak pedes. Seriusan tapinya enak kuahnya Cuma g ga sanggup karena pedes itu.

Selanjutnya adalah mie belitung. Ini ya yang paling khas ada di tanjung pandan deket patung batu satam. Tempatnya namany Mak Jana, ada soto belitung sama mie belitung tapi Cuma adanya pagi sampe siang doang. Kalau sore udah ngga jualan. Oia kalau menurut peta letaknya tuh di Mangar, di deket Museum Kata, tapi aslinya tuh ada di tengah simpang lima deket patung batu satam. Jangan sampe salah ya.

Keduanya enak qo. Tapi g nyobain mie nya ngga disitu, agak geser ke arah pasar, ada lagi mie belitung atep namanya. Disitu jual sampe malem karena waktu itu nyarinya malem jadi makanya yang di tempat mie belitung atep. Oia minuman yang terkenal adalah es jeruk kanci. Sebenernya kya es jeruk biasa sih tapi buahnya kecil-kecil dan rasanya manis asem. Khas sih, entah karena jeruknya ada disitu doang atau gimana haha. Satu lagi adalah kopi Mangar, Cuma karena g ga terlalu suka kopi, jadi g beli mentahnya aja. Kata nyokap sih enak Cuma pahit bgd. Lekat dan pekat gitu deh. Sejarahnya sih ini kopi namanya kopi kuli karena biasa yang minum kuli timah yang ada di mangar.
Ya begitu deh jalan-jalan ke belitung. Sayangnya g ga bisa nyebrang-nyebrang ke pulau-pulau kecil sekitar belitung. Kalau kalian cari berita tentang belitung di tempat lain sih pasti pada nyaranin ke sana tapi karena g ga sempet, jadinya ngga bisa deh. Ya udahlah next time aja.

Info lain adalah belitung terkenal sejak adanya film laskar pelangi. Buat orang belitung, Andrea Hirata udah kya pahlawan aja. Bahkan dia mau nginep di hotel manapun di belitung tuh gratis. Karena berkat dia, belitung menjadi salah satu tujuan wisata yang tentu saja membuat belitung maju. Makanya orang belitung hormat bgd sama dia.

Selain Andrea Hirata, belitung juga menghasilkan orang terkenal lainnya yaitu Ahok. Rumah Ahok dan Andrea deket. Di daerah Mangar. Mereka memang datang dari desa tapi mau berjuang dan bisa berhasil. Yuk kita tiru semangatnya hehehe

Bgtu aja pengalaman di belitungnya, semoga berguna ya.
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates