Friday, October 21, 2016 at 7:32 PM |
Ujian PMP tuh lama bgd. Total waktu yang disediain tuh 4 jam untuk kerjain 200 soal. Tapi total keseluruhan waktunya tuh 4,5 jam karena ada 15 menit di awal untuk memberikan pengarahan mengenai Cara mengerjakan soal dan 15 menit di akhir untuk survey soal tempat ujian. Trus ujiannya agak ekstrem sih kalau menurut g. Dulu g pernah ujian ielts, ini juga ujian yg international tapi ya ga gtu amat sih keamanannya.

Seperti posting sebelumnya, ID Adalah yg terpenting. Sampe dia tanyain detail jadi harus hafalin alamat sama tempat tanggal lahir ya. Trus tiap keluar masuk akan dicek. Ceknya juga ga main2. Suruh angkat selama sampe keliatan mata kaki sama baju sampe keliatan siku. Trus harus nulis clock in dan clock out plus ttd.
Oke, skrng kita bicara soalnya. Waktu ujian pertama kan g gagal yak, hiks. Klo g pelajarin, itu karena panik. Jadi yg g belajar dan dikasih tahu di pas training itu kalau soalnya ada beberapa mode, ada yg gampang sehingga sekali baca bisa langsung jawab, ada yg sedeng dengan butuh 1-2 Kali baca, ada yg susah krn muter2 dan panjang soalnya trus ada juga soal hitungan. Nah pas g ujian yg pertama, sampai soal no 20, semuanya kategori susah, g panik, bgd

Karena ga da yg bisa g jawab dengan yakin. Selanjutnya pun sama. Sedihnya luar biasa. Mungkin terlalu pede juga sih, hiks.
Nah ketika g ujian yg kedua, g udh belajar untuk baca soal yg panjang dengan cepat. Ngga harus baca soal sih, baca artikel juga gpp. Karena soalnya dalam bahasa inggris, jd usahain kalian bisa cepet ngerti kalau baca soal yg panjang, minimal tau artinya deh. Emg sih ngga semua kata dalam bahasa inggris itu familiar tapi kalau minimal 80% tau kan bisa ngira neh soal ngarah kemana, gtu.


Dan seperti nasehat dari bos g, pemahaman itu sangat penting. Tips g sih gini, ujian pmp itu sepenuhnya ambil dari buku Pmbok. Jadi sebenernya tips nya hafalin buku tapi kan ga gtu juga. Soalnya klo sekedar hafal, yg ada di kepala Adalah A itu jawabannya B trus C itu D sedangkan dalam kenyataannya soalnya ga bgtu tapi memerlukan pengertian dan pemahaman.
Jadi kalau g sih yg penting hafal itu Adalah pembagiannya ya itu dari 5 process dan 10 knowledge area (untuk PMBOK v5) beserta dengan proses didalamnya. Nah setelah hafal, kalian bisa kembangkan dan sambung2in sendiri. Karena sesungguhnya proses tersebut ada dalam 1 kesatuan. Setelah bisa nyambungin trus belajar hafal tools and techniques dan juga hal2 yg ada didalamnya kya teori, metode, Cara atau istilah. Dalam tiap knowledge area ada beda2 yg dititikberatkan. Misalnya kalau di quality akan ada 7 basic tools for quality trus kalau di risk akan ada strategi respon risk Secara positive atau negative, kalau di bagian stakeholders ada jenisnya stakeholders kya apa dan bagaimana sikap untuk menghadapinya. Perlu disadari juga kalau kita kan bukan Superman yg bisa hafal semuanya, jadi jgn maksain. Dibatasi aja kalau emang udh ga sanggup, ada yg dikuasai bgd tapi ada yg selewat aja. PMI juga kan ga nuntut 100% benar tapi hanya 61% saja.
Setelah semua itu bisa dilewatin harusnya sih kalian udh pede dan bisa lulus. Oia sering2 juga kerjain soal karena itu ngebantu baca cepet dan kira2 soalnya kya apa. Emg ga sama persis dan ga ada yg sama persis. PMP tuh ga ada cheat nya dimana2. Soalnya selalu berubah tiap ujian. Tapi seengganya bisa belajar polanya.
So, ayo semangaat yaak.
Posted by fronita Labels: ,
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates